Wujudkan Visi dan Misi di Bidang Kesehatan: Dua Puskesmas Diresmikan, Pelayanan Ditingkatkan

Wujudkan Visi dan Misi di Bidang Kesehatan: Dua Puskesmas Diresmikan, Pelayanan Ditingkatkan

ROKAN HILIR – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berkeinginan mewujudkan kehidupan masyarakat yang madani, mandiri dan sejahtera. Dimana suatu masyarakat menunjukkan keadaan yang baik, kondisi manusia dalam keadaan makmur, dalam keadaan sehat dan damai yang tentunya dapat terpenuhinya keinginan dan harapan hidup yang lebih baik yaitu kemampuan memenuhi kebutuhan konsumsi dasar seperti pangan, sandang dan papan, kemudian kemudahan memperoleh akses terhadap kebutuhan hidup dasar diantaranya kesehatan, pendidikan, sanitasi air bersih dan transportasi.

Untuk mewujudkan visi dan misi pada bidang kesehatan, tentunya pemerintah daerah kabupaten Rokan Hilir melakukan pembangunan sarana dan prasarana. Pembangunan sarana dan prasarana khususnya pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara merata dan terjangkau. Tentunya dengan tujuan diharapkan derajat kesehatan masyarakat lebih baik dan memperoleh kehidupan yang sehat dan produktif.

Pada tahun 2019 lalu telah kelar dibangun dua puskesmas yang dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Bangunan UPTD Puskesmas Rimba Melintang dan Bangunan UPTD Puskesmas Bagan Punak ini dibangun mendapatkan dana dari APBN pusat. Dua bangunan puskesmas ini di resmikan dan dihadiri oleh Direktur Fasyankes Kemenkes RI, dr Andi Saguni,MA, Kamis (06/02/2020). Bangunan Puskesmas Bagan Punak ini terletak di komplek perkantoran batu enam pertigaan masuk kota Bagansiapiapi, tepatnya di simpang tiga Gong.

Bupati kabupaten Rokan Hilir(Rohil) menginginkan bangunan Puskesmas Bagan Punak yang megah dan bagus agar senantiasa kebersihannya selalu dijaga secara bersama-sama. Bangunan Puskesmas yang bagus ini diharapkan seiring dengan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Jangan bangunan fisik yang megah tapi pelayanan kurang,"tuturnya Bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno,AMp, Kamis (06/02/2020) ketika seusai meresmikan bangunan UPTD Puskesmas Bagan Punak yang merupakan dana DAK Afirmasi APBN tahun 2019 dengan dana 5,5 milyar rupiah tersebut.

Oleh sebab itu, orang nomor satu di pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir ini menjelaskan akan berupaya untuk meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) bidang kesehatan dengan memberi peluang kepada petugas kesehatan tamatan D3 untuk sekolah meningkatkan ilmunya kejenjang S1.

"Jadi kita tidak tinggal diamlah. Pelayanan di bidang kesehatan itu sangat menjadi hal prioritas utama bagi pemerintah daerah,"ujarnya.

Dia mengatakan, bahkan pemerintah daerah manapun pasti di bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur itu tidak bisa ditinggalkan dalam membangun daerahnya.

"Inilah program-program skala prioritas, termasuk sumber daya manusia. Mudah-mudahan apa yang ditegaskan oleh direktur Fasyankes Kemenkes RI, dr Andi Saguni,MA tadi akan membawa dampak yang baik bagi daerah kita ini,"katanya.

Sedangkan kinerja di bidang kesehatan, Pemerintah daerah Rohil akan tetap melakukan evaluasi, termasuk semua pimpinan puskesmas di kabupaten Rokan Hilir. 

"Apalagi dengan gedung Puskesmas yang baru kalau dengan tempo waktu yang singkat terjadi saja lantai ruangan kotor dan lain sebagainya, maka akan kita ganti. Masak bangunan mewah yang seindah ini untuk menjaga kebersihan tidak bisa? Inilah penekanan kita,"tegasnya.

Bupati Rohil H.Suyatno menjelaskan dia bersama direktur Fasyankes Kemenkes RI, dr Andi Saguni,MA sudah melihat rumah dokter yang bagus, tamannya juga bagus dan masing-masing ruangannya bagus.

"Bagusnya gedung Puskesmas  setelah peresmian harus terus berkelanjutan. Cantiknya saat peresmian harus berkelanjutan, artinya harus dijaga bersama-sama,"pungkasnya.

Sedangkan Pada tahun 2020 ini pemerintah kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mendapat kucuran dana APBN untuk membangun puskesmas di wilayah Panipahan, yang merupakan daerah pesisir berbatasan dengan selat Malaka. Tidak hanya di Panipahan bahkan pemerintah daerah juga akan mengupayakan pembangunan puskesmas Kubu. Hal ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah pesisir Rokan Hilir dan daerah pesisir yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia.

Sementara itu, pejabat pimpinan tinggi Pratama dinas kesehatan Rokan Hilir, Hj Dahniar,Ners,Skep,Mkes ketika ditemui di Mess Pemda 'Datuk Batu Hampar' jalan Perwira Bagansiapiapi, beberapa waktu lalu sebelumnya mengatakan pada tahun anggaran 2020 ini bakal dibangun Poli PONED (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar) untuk kesehatan ibu dan anak (KIA) di Kecamatan Tanah Putih Sedinginan. Kemudian pada tahun 2020 ini juga membangun Puskesmas dan tiga rumah dinas di Panipahan, kecamatan pasir limau kapas.

"Alhamdulillah, dua bangunan puskesmas akan dibangun dengan menggunakan dana DAK 2020 ini,"tuturnya.

Dikatakannya, Poli PONED ini akan dibangun di lokasi depan Mapolres Rohil jalan Lintas Sumatera Timur Banjar XII Ujung Tanjung kecamatan Tanah Putih Sedinginan.

Kemudian di Panipahan, kecamatan Pasir Limau Kapas dibangun puskesmas yang lebih lengkap lagi. Karena Panipahan itu di daerah perbatasan yang nanti bukan hanya puskesmas biasa melainkan puskesmas dengan rawat inap. Puskesmas tersebut dibangun dengan perlengkapan peralatan sarana dan prasarana lainnya dan tiga rumah dinas. Puskesmas dana dak tersebut bakal dibangun dilahan sebelah bangunan yang ada saat ini.

"Itu lebih kurang hampir dua belas miliar. Dalam Minggu ini, Pebruari 2020 sudah tayang perencanaannya jadi April sudah mulai lelang fisik sehingga Juni 2020 sudah mulai kerja,"tandasnya. (adv)