Wabup Rohil Tinjau 12 Hektar Lahan Kebun Sawit Tidak Produktif Jadi Lahan Pertanian

Wabup Rohil Tinjau 12 Hektar Lahan Kebun Sawit Tidak Produktif Jadi Lahan Pertanian

ROKAN HILIR,– Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) Drs H.Jamiludin didampingi Camat Pekaitan Taryono,SE mengunjungi lahan yang telah dialih fungsikan dari kebun sawit tidak produktif ke lahan pertanian padi. Lahan tersebut merupakan lahan masyarakat Rokan Baru kecamatan Pekaitan. Orang nomor dua di pemerintahan Rohil ini mengendarai sepeda motor dari Jalan Poros ke lokasi pertanian tersebut yang memerlukan waktu tempuh sekira 15 menit. Meskinpun kondisi jalan saat ini licin, namun tidak menyurutkan wakil bupati Rohil ini menuju ke lokasi, Senin (15/06/2020).

Tampak di areal pertanian tersebut, Babinsa kopda Sugianto, PPL, Datuk penghulu Rokan Baru dan ketua DPC PATRI Rohil M.Nizar.

"Gigih dan luar biasa petani di sini. Ini perlu perhatian dari kami, Pemda Rohil, moga setelah wabah Covid 19 kondisi anggaran kita stabil sehingga kedepannya kita bisa membantu petani lebih fokus, baik bantuan pasca panen maupun akses jalan yang layak menuju lahan pertanian," katanya.

Ditempat yang sama Rasim, selaku ketua kelompok tani menyampaikan bahwa lahan kebun sawit yang sudah tidak produktif mereka alih fungsikan ke lahan pertanian padi.

“Sawit yang tidak produktif kami tumbangkan dan kami tanam padi. Tahap awal saat ini baru sekira 12 hektar. Sedangkan lahan yang terbentang kebun sawit tidak produktif di sekitar sini sekitar ratusan hektar. Kedepan secara perlahan akan kami tumbangkan untuk kami tanami padi. Karena dari kalkulasi kami lebih menguntungkan tanam padi,” katanya.

Hasil pantauan di lapangan, Pada bentangan lahan tersebut sudah ada pembangunan tersier yang dibangun sekira 200 meter. Tersier ini berfungsi untuk mengatur pengairan. Informasi yang diterima, pembangunan tersier ini anggaran propinsi yang dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok tani.

“Bangunan ini tidak terlepas dari dorongan Pemda Rohil agar terbangunnya tersier tersebut dengan program di Dinas Pertanian Propinsi Riau. Pokoknya mantab pak Wabup dalam memperhatikan kami para petani,"ujar Warsim mengakhirinya. (andy).