Urus Hak Guna Bangunan, Datang Kekantor Pertanahan

Urus Hak Guna Bangunan, Datang Kekantor Pertanahan

ROKAN HILIR - Masyarakat Rokan Hilir yang ingin mengurus HGB harus datang kekantor pertanahan Rohil. Sertifikat hak guna bangunan (HGB) adalah jenis sertifikat yang pemegangnya berhak memiliki dan mendirikan bangunan diatas tanah yang bukan kepunyaan pemilik bangunan. Tanah tersebut dapat berupa tanah yang dikuasai langsung oleh negara maupun tanah yang dikuasai oleh perorangan atau badan hukum.

Bagi masyarakat wilayah kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang ingin mengurus untuk mendapatkan HGB (hak guna bangunan) tersebut harus datang ke kantor pertanahan kabupaten Rokan Hilir di jalan kecamatan komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi.

Kepala Pertanahan Rokan Hilir Rocky Soenoko menjelaskan bahwa untuk mengurus HGB persyaratan yang harus dibawa diantaranya KTP (Kartu Tanda Penduduk),KK(Kartu keluarga), PBB(pajak bumi dan bangunan). Kemudian harus memiliki SKT(surat keterangan tanah)/ SKGR(surat keterangan ganti rugi). Selanjutnya pasang tanda batas dan isi blangko permohonan.

"Blanko permohonan dapat diperoleh di kantor Pertanahan,"tuturnya melalui media perpesanan WhatsApps kepada Journalis indonesiasatu.id, Senin (28/09/2020). (andy).