Satu Mesjid Mewakili Kecamatan Untuk Rebut Piala Bupati Rohil Cup 2

Satu Mesjid Mewakili Kecamatan Untuk Rebut Piala Bupati Rohil Cup 2

ROKAN HILIR – Saat ini masing-masing kecamatan telah mengadakan penilaian di mesjid mereka. Hasilnya nanti dinilai Dewan Mesjid Indonesia Rokan Hilir (DMI Rohil). Demikian hal ini dijelaskan oleh ketua Dewan Mesjid Indonesia Kabupaten Rokan Hilir (DMI Rohil) H.Wazirwan Yusun ,S.Sos kepada journalis indonesiasatu.id ketika dihubungi melalui media perpesanan WhatsApps di Bagansiapiapi, Rabu (29/07/2020). Dijelaskannya DMI Rohil menyelenggarakan lomba management, kebersihan, keindahan dan kemakmuran mesjid se Kabupaten Rokan Hilir. Piala Bupati Rohil ke 2 tersebut sudah diserahkan ke DMI Rohil belum lama ini.

“Dalam rangka memperebutkan piala bupati yang ke 2,”ucapnya.

Dikatakannya, bahwa saat ini telah dilaksanakan penilaian oleh seluruh pengurus DMI kecamatan se kabupaten Rohil.  Mereka menilai terlebih dahulu pada tingkat kecamatan. Kemudian dinilai oleh tim penilai Kabupaten.

“Satu Kecamatan diwakili satu masjid. Tim Kabupaten akan menilai mulai tanggal 5 Agustus hingga 14 Agustus 2020 mendatang,”jelasnya.

Dikatakannya, ada tiga bidang penilaiannya pertama, penilaian bidang  idaroh yakni bagaimana administrasi /management mesjidnya, bagaimana visi, misi dan moto layanan, struktur dan organisasi mesjidnya serta struktur kepengurusan dan tenaga pengelolanya.

Kemudian itu yang kedua, bidang imaroh yakni pelaksanaan sholatnya, Peribadatan, pendidikan dan Dakwah, Remaja mesjid, struktur organisasi remaja mesjid, kegiatan pembinaan remaja mesjid, Bidang sosial : pelaksanaan dan pengelolaa zakat, infaq dan shadaqah, koperasi berbasis Masjid, Poliklinik, media konsultasi umat, pemulasaran jenazah, Penerangan , dokumentasi dan publikasi: majalah dinding/papan pengumuman Masjid, buletin dakwah, publikasi kegiatan masjid, dokumentasi kegiatan mesjid.

Kemudian bidang ri’ayahnya yakni bangunan mesjidnya gimana: diantaranya seni arsitektur, seni bangunan mesjid, seni kaligrafi mesjid,Fasilitas mesjid: sertifikasi arah kiblat, ruang utama shalat,tempat wudhu, fasilitas kamar mandi dan toilet, perlengkapan shalat wanita, sound system dan multimedia, ruang sekretariat, ruang tunggu imam dan khatib, ruang pertemuan/aula serba guna, tempat penitipan sandal dan sepatu, koperasi, perpustakaan mesjid,fasilitas pemulasaraan jenazah, tempat parkir, taman, sarana olahraga. Pemeliharaan: kebersihan, keamanan mesjid, pemeliharaan dan perbaikan bangunan dan sarana mesjid.

Ketua DMI Rohil berharap ada mesjid di daerah Rokan Hilir yang memiliki ketiga bidang dan memiliki banyak kriteria penilaian.

“Kita berharap seluruh mesjid yang ada di daerah Rokan Hilir ini minimal ada mesjid yang paripurna, yang lengkap administrasi, bangunannya dan jemaaahnya tertib, halamannya bersih dan lingkungannya indah. Jadi dapat memakmurkan mesjid ,”pungkasnya. (andy)