Progres Durolis: 1800 Sambungan Rumah di Rohil Telah Siap Dialiri

Progres Durolis: 1800 Sambungan Rumah di Rohil Telah Siap Dialiri

ROKAN HILIR –  Saat Ini kabupaten Rokan Hilir yang telah siap progres 1800 sambungan rumah untuk sistem penyaluran air minum Durolis. Dalam waktu dekat akan dibicarakan dengan UPT provinsi sehingga air ke Rokan Hilir sudah bisa dialirkan.  Demikian hal ini dijelaskan oleh kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Riau Ir Ichwanul Ihsan saat peresmian sanitasi di serusa belum lama ini, Sabtu (22/08/2020). Saat itu, selain bupati Rokan Hilir H.Suyatno dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah ( BPPW) Riau Ir Ichwanul Ihsan, tampak hadir juga saat itu anggota DPRD Rohil Hermawan, kepala Perkim Rohil Zulfahmi, ST,MT, Asisten pemkab Rohil Ali Asfar, forkopimda, sejumlah pimpinan tinggi Pratama OPD Rohil, camat Bangko H.Rijalul Fikhri,SE, camat Sinaboi TM Hashym,S.Sos, penghulu Serusa Jumino dan undangan lainnya.

Kata Kepala BPPW Riau ini, sesuai rencana seratus persen akses air minum dan akses sanitasi selesai pada tahun 2030 yang tadinya pada tahun 2024. Pada sektor air minum Durolis (Dumai-Rohil-Bengkalis) saat ini masih proses lelang.

“Pipanya, indeknya sudah selesai yang di Ujung Tanjung. Kemudian saat ini dalam proses lelang jaringan distribusi utama dari Ujung Tanjung ke Simpang Bangko sekitar 30 kilometer,”kata kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Riau Ir Ichwanul Ihsan saat peresmian sanitasi di serusa belum lama ini, Sabtu (22/08/2020).

Dikatakannya, progres hingga saat ini yang paling siap SR (sambungan rumah,red)nya kabupaten Rokan Hilir walaupun dibangun Durolis (Dumai- Rohil-Bengkalis) tetapi yang paling siap SR nya hanya di Rokan Hilir yakni sudah 1800 SR.

“Permasalahannya sekarang kami terhutang sama bupati serta warga Rokan Hilir karena seharusnya sesuai perjanjian kerjasama (PKS,red) diawalnya dulu tahun ini airnya sudah mengalir. Tetapi memang khusus untuk Rokan Hilir sudah bisa, Insha Allah  mudah-mudahan dalam waktu dekat ini karena memang SR, sambungan rumah  yang paling siap di Rokan Hilir ada sekitar 1000 SR,"’jelasnya.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita sedang bicarakan dengan UPT provinsi kita sudah bisa alirkan ke daerah Rokan Hilir. Sedangkan untuk ke Dumai dan ke Bengkalis, khususnya daerah Duri masih dalam proses lelang. Mudah-mudahan tidak ada kendala lagi. Sehingga tahun depan sudah bisa selesai,”tandasnya kemudian. (andy)