Pjs Bupati Rohil Rudyanto: Meninjau Penerapan Protokol Kesehatan di Sejumlah Pasar Tradisional

Pjs Bupati Rohil Rudyanto: Meninjau Penerapan Protokol Kesehatan di Sejumlah Pasar Tradisional

ROKAN HILIR-  Pjs Bupati Rokan Hilir Rudyanto,SH,Msi meninjau penerapan disiplin protokol kesehatan Covid 19 di beberapa pasar tradisional, diantaranya pasar Kamis di kepenghuluan Karya Mukti kecamatan Rimba Melintang, Kamis (15/10/2020). Peninjauan ini disebabkan meningkatnya kasus terkonfirmasi positif Covid 19 di Rokan Hilir dalam beberapa minggu belakangan ini sehingga membuat kewalahan tenaga kesehatan (Nakes) dan jajaran satuan tugas pencegahan dan penanganan Covid 19 di sejumlah Daerah.

Kondisi meningkatnya kasus positif tersebut ternyata belum dapat menjadi pelajaran sehingga belum bisa merubah perilaku sebahagian masyarakat. Hal ini disaksikan langsung oleh pjs bupati Rohil  Rudyanto. SH. Msi ketika meninjau Penerapan Disiplin Kesehatan Covid 19 di pasar Kamis Kepenghuluan Karya Mukyi kecamatan Rimba Melintang ini. Mereka lalai memakai masker di luar rumah. Bahkan tidak mau mencuci tangan dan masih banyak ditemukan masyarakat berkerumun. Hal ini disaksikan oleh Rudyanto. SH. Msi  Pjs Bupati Rokan Hilir ketika meninjau Penerapan Disiplin Kesehatan Covid 19 di beberapa pasar tradisional, yang diantaranya Pasar Kamis di Kepulauan Karya Mukti Kecamatan Rimba Melintang, Kamis (15/10/2020).

"Hari ini saya bersama Kadis Kominfo, Kasat Pol PP dan Camat Rimba Melintang sengaja meninjau dibeberapa  pasar tradisional guna melihat secara langsung bagaimana masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan Covid 19. Namun masih ada ditemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker. Padahal
jajaran satuan tugas pencegahan dan penanganan Covid 19 kabupaten hingga tingkat kecamatan telah melakukan sosialisasi secara masif. Namun upaya yang kita lakukan belum sepenuhnya diikuti oleh masyarakat,"tutur Rudyanto,SH,MSi.

Kata Ia, pada fase new normal atau tatanan kebiasaan baru ini, lanjutnya menegaskan bahwa upaya pemerintah bersama unsur terkait Pemda, TNI Polri dan Nakes saat ini terasa semakin berat. Karena tidak saja bagaimana menangani kasus Covid 19, akan tetapi yang tak kalah penting adalah dalam membentuk prilaku manusia agar bisa menerapkan kebiasaan baru pada setiap aktivitasnya sehari-sehari. Seperti memakai masker bila berada di luar rumah, sering mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan tidak berkerumun. 

Meskipun diberbagai tempat Tim Yustisi Covid 19 telah memberlakukan sanksi terhadap pelanggar protokol kesehatan, namun masih banyak dijumpai masyarakat yang lalai dalam memakai masker dan lain sebagainya.

Pjs. Bupati Rudyanto pada kesempatan ini menghimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa membiasakan diri untuk menerapkan aturan protokol kesehatan Covid 19. Diantaranya memakai masker bila berada diluar rumah, mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan senantiasa menjaga kebugaran. 

"Dengan melaksanakan 4 M, berarti kita telah melaksanakan tanggung jawab terhadap keselamatan kita sendiri dan keselamatan orang lain, terutama keselamatan keluarga yang kita cintai,"pungkasnya. (***/andy)