Pemkab Bengkalis Belum Pastikan Buka Pelabuhan Untuk Kapal Penumpang

Pemkab Bengkalis Belum Pastikan Buka Pelabuhan Untuk Kapal Penumpang
Sekretaris dinas perhubungan Zul Asri

BENGKALIS - Dinas Perhubungan Bengkalis belum bisa memastikan kapan operasional pelabuhan baik domestik maupun pelabuhan internasional buka kembali. Hal ini diungkap Sekretaris Dinas Perhubungan Bengkalis Zul Asri kepada wartawan, Jumat (14/8).

Menurut dia, untuk pelabuhan Domestik melayani pelayaran menuju Kepulauan Riau sebenarnya sudah sempat ada wacana untuk kembali beroperasi Agustus ini. Dimana pada awal bulan Agustus kemarin pihaknya sempat rapat bersama pemerintah Dumai membahas hal ini.

"Dumai merupakan pelabuhan tujuan,, sementara pelabuhan kita hanya pelabuhan transit. Sehingga kita mengikut dengan pelabuhan tujuan ketika mereka buka kita juga otomatis akan buka," terang Zul Asri.

Dari pertemuan tersebut, rencananya Dumai akan membuka pelabuhan pada bulan ini. Namun karena kembali ditemukan kasus positif Covid 19 baru di Dumai beberapa waktu lalu rencana tersebut urung dilaksanakan. 

"Karena Dumai tidak jadi buka, kita sebagai pelabuhan transit juga tentu tidak buka," pungkasnya.

Begitu juga untuk pelayaran dari Bengkalis ke Selat Panjang Kabupaten Kepulauan Meranti sampai saat ini juga tidak berjalan. Ini karena memang sampai saat ini alur pelayaran baik dari Bengkalis menuju Kepulauan Meranti belum ada yang resmi dibuka pemerintah Bengkalis dan Kepulauan Meranti.

Sedangkan untuk jalur internasional, memang sampai saat ini belum ada keputusan dari pemerintah Indonesia maupun  pemerintah Malaysia untuk di buka kembali. Apalagi sampai saat ini Malaysia masih menerapkan lockdown sehingga tidak ada pembukaan pelabuhan baik dari Melaka, Johor dengan tujuan Bengkalis.

"Jadi belum ada titik terang kapan akan buka, keputusannya karen ini pelayaran internasional keputusannya tentu dari pusat,"  tandasnya.(yulistar)