Pemda Rokan Hilir Rencana Beli Alat Swab

Pemda Rokan Hilir Rencana Beli Alat Swab

ROKAN HILIR- Pada saat pandemi Covid 19 saat ini, kami merencanakan untuk membeli PCR (polymerase chain reaction) agar mempercepat mengetahui hasil swab terhadap tracking kontak kasus positif Covid 19 di Rokan Hilir. Demikian hal ini di jelaskan oleh pjs bupati Rohil Rudyanto,SH,MSi ketika ditemui Journalis indonesiasatu.id di gedung daerah Datuk Batu Hampar Jalan Perwira Bagansiapiapi, Rabu (30/09/2020) kemaren.

PCR atau polymerase chain reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

"Itu bisa dibeli melalui PTPD dengan dana PTT melalui rumah sakit gunanya untuk mempercepat hasil swab,"tutur Pjs bupati Rohil Rudyanto, Rabu (30/09/2020).

Karena selama ini hasil sample swab dikirim ke laboratorium molekuler RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Kemudian menunggu giliran hasil swab tersebut sehingga memakan waktu agak lambat untuk diterima daerah. 

"Karena di Pekanbaru sendiri sudah banyak sample yang diterimanya karena merupakan sample se Riau sehingga hasilnya agak lambat diterima oleh kita. Selain itu anggaran ada maka kita berencana untuk membeli PCR,"jelasnya.

Dikatakannya saat ini sedang mencari alat yang cocok untuk disesuaikan dengan tenaga kesehatan yang mampu melaksanakan uji laboratorium itu. 

"Dengan adanya alat PCR bila ada tracking kontak akan mempercepat diketahui hasilnya karena tidak mengirim sample lagi ke Laboratorium Pekanbaru. Sehingga akan jauh lebih cepat waktu mengetahui hasil swab. Jika cepat kita bisa cepat memberitahu untuk isolasi sehingga tidak cepat menularkan ke orang lain yang lebih banyak. Sehingga lebih cepat pencegahannya,"pungkasnya. (andy)