Kunjungi Empat Posal di Rohil, Danlanal Dumai Disambut Wabup dan Forkopimda

Kunjungi Empat Posal di Rohil, Danlanal Dumai Disambut Wabup dan Forkopimda

ROKAN HILIR – Komandan Pangkalan TNI AL Dumai Kolonel Laut Himawan,MM,SMC berkunjung ke Rohil untuk melihat kondisi di lapangan pos TNI AL yang berada di wilayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Komandan pangkalan TNI AL (Danlanal) Dumai Kolonel Laut Himawan MM, SMC disambut oleh wakil bupati Rohil Drs H Jamiludin dan forkopimda Rohil, ketua DPRD Rohil Maston. Penyambutan kedatangan Danlanal tersebut dilaksanakan di Gedung Daerah Batu Hampar Jalan Perwira Bagansiapiapi, Rabu (02/09/2020). Tampak hadir danramil 0321/Rohil, kajari, wakapolres Rohil, pengurus LAMR Rohil.

Danlanal Dumai ini disambut oleh pemuka adat Melayu dengan pemasangan kain songket, selempang dan tanjak. Kemudian atraksi silat dan tepuk tepung tawar Melayu. Dalam kesempatan ini dilaksanakan juga saling memberikan cendera mata.

Komandan pangkalan TNI AL Dumai Kolonel Himawan,MM,SMC menjelaskan bahwa dirinya dilantik menggantikan kolonel laut Wahyudi. Dia merupakan lulusan Akademi TNI AL (AKABRI) angkatan 44 tahun 1998. Sebelum menjabat Danlanal Dumai dirinya menjabat sebagai komandan KRI Usman Harun 359 kapal perang jenis reggart, kapal perang Indonesia buatan Ingris.

“Ini adalah pengalaman saya pertama sekali dinas di pangkalan setelah sebelumnya lama saya mengabdikan diri di TNI AL berdinas dari satu kapal ke kapal lainnya,”katanya.

Dia mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari pemerintah kabupaten Rokan Hilir beserta forkopimda serta tokoh masyarakat atas keramah tamahannya dan kehangatannya dalam kunjungan pertama sekalinya di kabupaten Rokan Hilir.

Tujuan dirinya untuk mengunjungi kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bermaksud untuk pengecekan secara langsung kondisi di lapangan Pos TNI Angkatan Laut yang berada di wilayah kerja pangkalan TNI AL Dumai yang berada di wilayah kabupaten Rokan Hilir.

“Disini ada 4 pos yakni di pos Bagansiapiapi, pos Sinaboi, pos pengamat Pulau halang dan pos TNI AL di Panipahan,”katanya.

Sedangkan tentang pos TNI AL Pulau Jemur yang telah disampaikan oleh wabup Rohil kepadanya, dirinya sudah memonitor  dan sedang dilaporkan ke komando atas.

“Memang dahulunya Pos TNI AL Pulau Jemur itu masuk wilayah kerja Lanal Dumai. Namun ada sedikit perubahan wilayah kerja sehingga saat ini pos TNI AL Pulau Jemur diawasi  atau diamankan dan dijaga oleh personil pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan,”ujarnya.

Dalam kesempatan ini Ia menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu 5 Agustus 2020 kepala staff TNI AL mengukuhkan prajurit-prajurit yang berdinas di pos pos AL di seluruh Indonesia menjadi bintara pembina potensi maritim sesuai dengan amanat UU nomor 34 tahun 2004 tentang TNI,  untuk tugas TNI AL di poin kelima ada melaksanakan perberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla).

“Salah satu tugas Babinpotmar ini mendukung kegiatan perberdayaan wilayah laut khususnya pembinaan potensi maritim dan nanti kedudukannya sejajar Babinsa TNI AD maupun Bhabinkamtibmas Polri,”katanya.

Dia berharapkannya Babinpotmar bisa bersinergi dan bisa membantu pemerintah daerah maupun pemerintah pusat hingga ke tingkat bawah khususnya yang berhubungan dengan pembinaan potensi maritim wilayah Rokan Hilir.

“Belum lama ini seringkali terjadi kecelakaan wilayah laut Rokan Hilir. Saya berterima kasih atas sinergitas instansi samping dalam hal ini ada Polairud, Basarnas bahkan Perhubungan yang membantu tugas Angkatan Laut bersama-sama kita dalam pengamanan wilayah laut Rokan Hilir. Semoga dengan silaturahmi ini dapat menjalin komunikasi yang baik kedepan. Kemudian semoga wabah Covid 19 yang melanda  Indonesia khususnya wilayah Riau dan Rokan Hilir segera menjauh dan kembali ke kehidupan normal. Semoga Rokan Hilir kedepan semakin Jaya,”pungkasnya.  (andy)