Kabupaten Rohil Belum Punya Instalasi Pengelolaan Limbah Tinja

Kabupaten Rohil Belum Punya Instalasi Pengelolaan Limbah Tinja

ROKAN HILIR - Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) belum punya tempat instalasi pengelolaan limbah tinja masyarakat. Hal ini terkuak saat kepala dinas Perkim Rohil Zulfahmi,ST,MT memberi sambutan  peresmian dan serah terima secara simbolis oleh Bupati Rohil H Suyatno kepada kelompok pengelola sistem penyediaan air minum (KP-SPAM) Pamsimas III, kelompok pemanfaat dan pemelihara (KPP) DAK infrastruktur bidang sanitasi dan air minum tahun anggaran 2019 serta rumah layak huni tahun anggaran 2020 yang dilaksanakan di Gang Srimelja RT 02/RW 01 kepenghuluan Serusa kecamatan Bangko, Sabtu (22/08/2020). Selain bupati Rohil H.Suyatno hadir juga Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah ( BPPW) Riau Ir Ichwanul Ihsan, anggota DPRD Rohil Hermawan, Asisten pemkab Rohil Ali Asfar, sejumlah pimpinan tinggi Pratama OPD Rohil, camat Bangko H.Rijalul Fikhri,SE, camat Sinaboi TM Hashym,S.Sos, penghulu Serusa Jumino dan undangan lainnya.

Kadis Perkim Rohil Zulfahmi menjelaskan bahwa program sanitasi sudah dimulai tahun 2018. Kemudian tahun 2019-2020 sedang proses kontruksi, jika selama tiga tahun sampai 4 tahun tentunya limbah ini harus dikuras dan limbah tinja harus di buang ke instalasi pengelolaan limbah tinja.

“Sampai saat ini di daerah Rohil belum memiliki impian itu (instalasi pengelolaan limbah tinja,red),”katanya Zulfahmi.

Dijelaskannya, daerah Rokan Hilir saat ini masih belum memiliki instalasi pengelolaan limbah tinja untuk menampung pembuangan limbah tinja masyarakat di Rokan Hilir. 

Selayaknya tiga lokasi di daerah Rokan Hilir untuk tempat instalasi pengelolaan limbah tinja masyarakat yakni di Bagansiapiapi, Bagansenembah dan Ujung Tanjung.

"Oleh sebab itu dalam kesempatan ini mengharapkan kepada kepala BPPW Riau Ichsanul Ihsan agar dapat diprogramkan dengan menggunakan dana APBN,"pungkasnya. (andy)