Hari Jadi Rohil ke-21, Baznas Rohil Salurkan Bantuan Pada 20 Warga

Hari Jadi Rohil ke-21, Baznas Rohil Salurkan Bantuan Pada 20 Warga

ROKAN HILIR- Pendistribusian zakat tahun 2020 kepada masyarakat berdampak Covid 19 oleh pjs bupati Rohil Rudyanto,SH,MSi dalam rangka hari jadi kabupaten Rokan Hilir yang ke-21 di laksanakan di kantor Baznas Rohil Jalan Pahlawan Bagansiapiapi, Senin (05/10/2020). Tampak hadir saat itu kepala kantor Kemenag Rohil Sakolan,SAg.

Dalam sambutannya, ketua Baznas Rohil H.Baharudin menjelaskan bahwa komisioner Baznas Rohil dilantik sebagai pengurus Baznas Rohil sejak bulan Desember 2017 lalu. Dimana sebelumnya Baznas Rohil sempat dipimpin HM Job Kurniawan. 

Dalam kesempatan ini ketua Baznas Rohil memperkenalkan para komisioner kepada Pjs bupati Rokan Hilir Rudyanto,SH,MSi. Para komisioner Baznas saat ini diantaranya Ustad H.Baharudin sebagai ketua dan sebagai wakil ketua diantaranya Budi Setiawan, Juneidi, Syaiful Hotma Panjaitan dan Romi.

Dijelaskannya pada awalnya Baznas dalam setahun paling banyak menerima zakat 300 juta rupiah kemudian setelah mereka dilantik akhirnya mereka beserta staff bekerja keras mendekati bupati dan anggota DPRD untuk membuat perda zakat. 

"Alhamdulillah perda zakat telah disahkan pada tahun 2019 lalu. Pada bulan Nopember dan Desember 2019 gaji ASN dipotong untuk Zakat sehingga dapat terkumpulkan sebesar 3 miliar rupiah dalam dua bulan tersebut,"jelas Baharudin.

Lanjutnya, pada tahun 2020 ini mulai bulan Januari hingga September terkumpul zakat dengan memotong gaji pegawai sesuai perda mencapai 7,6 miliar rupiah. Sedangkan penyalurannya di mulai Januari hingga September sebesar 5,2 miliar rupiah.

"Masih ada 2 miliar rupiah lebih uang di Baznas yang Insha Allah bulan Oktober menyalurkan sebanyak 500 orang,"katanya.

Sedangkan pada kali ini yang menerima bantuan hanya 20 orang. Kata Ia, 20 orang ini merupakan masyarakat yang menyerahkan permohonan pada bulan Maret ke Baznas. 

"Sebanyak 20 orang untuk menyambut hari jadi Rohil ke-21 ini,"tuturnya.

Kata Ia, pada bulan Oktober ini Baznas akan menyalurkan sebanyak 500 orang bagi masyarakat yang mengantar permohonan bantuan  pada bulan Maret, April dan Mei.

"Kami akan adakan survey terlebih dahulu dengan ketat. Hal ini karena dianggap senang mendapatkan bantuan dari Baznas. Kami mensurvey penerima yang masuk kedalam 8 asnaf,"jelasnya.

Dijelaskannya 8 asnaf tersebut yakni fakir, miskin, amil, muallaf,riqab, gharim, sabilillah, dan Ibnu Sabil.

Lebih lanjut dikatakannya, silahkan saja masyarakat membuat permohonan apabila mereka memang tidak mampu dan mendapatkan surat miskin yang sedang melakukan usaha.

Program di Baznas Rohil ditambahkannya ada namanya program produktif, pengobatan,fisabilillah,nafkah rutin yang saat ini mencapai lebih kurang 60 orang dimana setiap bulan dibantu sebesar 200 ribu dan ada juga sebesar 300 ribu setiap bulan.

"Ini sudah berjalan selama 3 tahun,"ujarnya.

Kemudian ada juga bantuan untuk muallaf dimana ada yang sudah dibantu sebesar 14 juta rupiah dan ada juga 45 juta rupiah untuk modal usaha. Sedangkan untuk rehab rumah sehingga menjadi rumah layak huni pada tahun ini di  7 (tujuh) kecamatan sebanyak 16 unit masing-masing sebesar 20 juta rupiah per unit.

"Alhamdulillah program  rehab rumah tersebut sudah terlaksana,"katanya..

Dalam keadaan pandemi Covid 19 juga dilaksanakan program bantuan sembako setiap kecamatan yang hampir 7 ribu lebih disalurkan kepada masyarakat yang terkena dampak covid 19. Dimana SE provinsi Riau, Baznas Rohil yang paling banyak menyalurkan bantuan sembako ini ke masyarakatnya.

Selanjutnya juga menyalurkan bantuan sosial seperti korban mengalami kebanjiran sebanyak 4 rumah yang penyalurannya bervariasi. Karena ada sebesar 5 juta rupiah per rumah dan 3 juta rupiah per rumah.

Dalam kesempatan ini ketua Baznas Rohil mengharapkan bantuan pjs bupati Rohil untuk merangkul perusahaan yang berusaha di daerah Rohil agar dapat menyalurkan zakatnya ke Baznas Rohil.

"Mudah mudahan selama menjabat Pjs dapat mengajak perusahaan untuk laksanakan zakat ke Baznas sebagai kenang-kenangan menjabat Pjs di Rokan Hilir. Kerjasama kita inilah yang kami perlukan saat ini,"jelas H.Baharuddin memungkasinya. (andy)