Dibuka Wabup Rohil, 9 Peserta Uji Kepatutan dan Kompetensi Calon Anggota Direksi PD SPR

Dibuka Wabup Rohil, 9 Peserta Uji Kepatutan dan Kompetensi Calon Anggota Direksi PD SPR

ROKAN HILIR - Uji kepatutan dan kompetensi (UKK) para peserta calon anggota direksi dan calon anggota pengawas BUMD PD Sarana Pembangunan Rokan Hilir (PD SPR) di gelar di Hotel Lion Jalan Mawar Bagansiapiapi, Jumat (04/09/2020). Wakil bupati Rokan Hilir (Wabup Rohil) Drs H.Jamiludin hadir untuk melakukan pembukaan seleksi calon anggota direksi PD SPR pada tahapan Uji kepatutan dan kompetensi (UKK) ini. UKK dilaksanakan oleh tim assesor (tim asissment center) UPT penilaian kompetensi provinsi Riau. Sedangkan sebagai ketua tim pansel calon anggota direksi dan calon anggota pengawas BUMD PD Sarana Pembangunan Rokan Hilir (PD SPR) H.M Job Kurniawan,AP,M.Si.

Selain dihadiri oleh Wabup Rohil Drs H.Jamiludin, tampak hadir juga Asisten Sekdakab Rohil Rahmatul Zamri, Kabag perekonomian Firdaus,SE, para penguji serta para peserta UKK.

Dalam sambutannya, wabup Rohil Jamiludin menjelaskan bahwa direksi perusahaan BUMD PD Sarana Pembangunan Rokan Hilir sudah habis masa jabatan.

"Oleh sebab itu, sesuai amanah Permendagri no 37 tahun 2018 tentang pengangkatan dan pemberhentian anggota direksi dan anggota dewan pengawas BUMD yang baru harus melalui UKK yang diselenggarakan oleh tim profesional,"tutur Wabup Jamiludin.

Hasil pantauan media ini, dari sembilan yang lulus seleksi administrasi dan melanjutkan pada tahapan UKK terdapat dua mantan direksi PD SPR yang ikut UKK di ruang Napangga Hotel Lion yakni Rahmad Hidayat dan Triana Sonya

Tes UKK  dilakukan oleh 4 penguji yang terbagi dalam empat ruangan. Peserta UKK memasuki 4 ruangan secara  antri menurut jadwal yang telah ditentukan.

Agus Salim, salah satu peserta UKK ketika ditemui menjelaskan bahwa dia sudah selesai wawancara untuk UKK di ruang napangga kemudian selama satu jam di wawancara pada ruangan lain. Dalam tes tersebut kata ia, dengan mengisi biodata dan profil pada ruangan Napangga kemudian dengan lewat profil itu yang diperdalam dalam wawancara baik keberhasilan maupun kegagalan yang pernah dialami.

"Peserta yang ikut seleksi tidak pernah menjabat parpol, tidak pernah menjabat sebagai direksi hingga pailit dan tentunya lulus seleksi administrasi,"tutur Agus Salim.

Sementara itu tampak sembilan peserta yang ikut Uji Kepatutan dan kompetensi (UKK) calon anggota direksi PD SPR diantaranya Agus Salim,SHI,M.Pd, Alfi Fitriadi,ST,M.Si, Hasan Basri,S.Ag, Kasmer Dahlan, S.IP, Muhammad Syah Padri,ST, Rahmad Hidayat,S.Si,MM, Rusli Ibrahim,SH,M.Pd.I, Triana Sonya,ST dan Zulpakar,SE,M.Si. 

Sedangkan informasi yang didapat, guna efisiensinya PD SPR yang hanya mengelola unit SPBU maka dua direksi yang akan mengelola SPBU tersebut yakni direksi utama dan direksi produksi. (andy)