Bupati Rohil Tanam Bibit Buah dan Tabur Bibit Ikan di Taman Edukasi Tani Rohil

Bupati Rohil Tanam Bibit Buah dan Tabur Bibit Ikan di Taman Edukasi Tani Rohil

ROKAN HILIR – Bupati Rokan Hilir (Rohil) menyerahkan bantuan sapi dan sertifikat penyuluh bagi penyuluh pertanian lapangan (PPL) berprestasi dan penanaman bibit buah-buahan serta tabur bibit ikan. Acara tersebut di laksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Rokan Hilir (Rohil) di Taman Edukasi Jalan Pasca MTQ komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi, Kamis (13/08/2020). Tampak hadir Sekdakab Rohil, H.M Job Kurniawan,  Asisten I Setda Fery H Parya, kadis DKPP Rohil, H.M Rusli Syarief para Kabid dan staf dilingkungan DKPP Rohil dan puluhan petugas PPL.

"Telah kita buat satu buah kolam, pematangan lahan  untuk penanaman bawang merah, bawang putih, buncis, kol, bunga kol, cabe, tomat, terung, sawi, kangkung dan tanaman buah-buahan seperti melon, semangka, labu, belimbing, mangga, jeruk, markisa, jambu, buah kelengkeng yang insya Allah dalam waktu enam bulan kedelapan sudah bisa dipanen,"ujar Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian (kepala DKPP Rohil) H.M.Rusl Syarief.

Jalinan kerjasama juga dilakukan dengan bank riau kepri untuk mendapatkan 2000 ekor bibit ikan patin dan dari BRI sebanyak 5 ribu ekor.

Sementara itu, orang nomor satu di Rohil mengatakan bahwa dahulu ketika masih kabupaten Bengkalis daerah Rimba Melintang, kubu dan Sinaboi yang saat ini wilayah Kabupaten Rokan Hilir merupakan sentral padi. Namun setelah menjadi kabupaten Rokan Hilir banyak masyarakat yang mengalih fungsikan lahannya menjadi lahan sawit.

“Seiring berjalannya waktu, masyarakat petani kembali lagi ke tanaman padi. Ini saatnya kita bangkitkan lagi, kita memiliki potensi sumber daya alam di sektor pertanian yang begitu luar biasa," kata Suyatno.

Begitu juga saat ini, lanjut bupati Rohil ini, saat ini hewan s api pada saat qurban kemaren kabupaten Rohil juga telah dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.  

“Kalau tahun-tahun sebelumnya kita membeli hewan kurban dari Jambi, Kampar dan Siak. Ini program yang sangat bagus,"tandasnya. (andy)