Agus Rono Butuh Perhatian Pemkab Rohil

Agus Rono Butuh Perhatian Pemkab Rohil

ROKAN HILIR – Agus Rono (55) warga parit 6 RT 006/RW 002 Desa Sei Sialang Kecamatan Batu Hampar, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) provinsi Riau duduk di pintu rumahnya. Isterinya sudah meninggal. Dia tinggal sendiri dirumahnya. Sedangkan anak-anaknya tidak dirumah karena sudah mengontrak rumah sendiri.

“Panjang citonyo pak, aso-asonyo kalau dijolehan disiko takuiknyo bapak tak mengoti,”ujar Irwan menjelaskan video dan fhoto kepada journalis indonesiasatu.id melalui massenger fb bernama Wan Mania , Kamis (23/07/2020).

Tampak fhoto dan video tersebut Agus Rono sedang duduk termenung di pintu rumahnya. Rumah papan dengan atap rumbia tersebut sudah sebahagian terbuka sangat memprihatinkan sekali. Padahal luas tanahnya dengan lebar 10 depa atau 17 meter dengan panjang 150 meter.

“Setau sayo dio tukang panen kelapo, termasuklah tukang panen ditanah kami, dokek umah inyo,”katanya Irwan yang juga warga Sei Sialang.
Dikatakan  Irwan, Dia hanya bisa mempekerjakan Agus Rono di kebunnya.

“Apa yang bisa beliau kerjakan ajo.Mudah-mudahan ado jalan membantu beliau tuh,”jelasnya Irwan.

Irwan alias wan mania ini menjelaskan bahwa istrinya Agus Rono telah meninggal, kemudian anak-anaknya sudah mengontrak rumah. Sedangkan Agus Rono bertahan tinggal di pondok tersebut.

“Tak ado beliau tu kobun do, apo lai sawit, kalau kelapo tumbuh banyak. Mudah-mudahan pemerintah daerah dapat membantu Agus Rono. Dia tinggal di Parit 6 Sungai Sialang tak jauh dari Labuhan Tangga. Dari Jalan Lintas kurang lebih 300 meter. Pondok beliau di topi Jalan gang Paik 6 tunyo,”jelas Irwan.

Sementara itu, pada hari yang sama, penghulu Sei sialang Albon,SE ketika di konfirmasi melalui media perpesanan WhatsApps menjelaskan bahwa kepala keluarga itu (Agus Rono,red) ada sakit gangguan jiwa.

“Kalau ditanya yang sudah kami buat, kami hanya bisa mengajukan di perkim untuk RLH (rumah layak huni). Tetapi sampai saat ini belum ada realisasinya. Kalau anaknya bernama Wiwik itu saya angkat jadi guru PAUD,”jelas Albon,SE, penghulu Sungai Sialang.

Sedangkan Kadis Sosial Rohil dr Juneidi Saleh menjelaskan agar kondisi Agus Rono tersebut dilaporkan ke ketua RT dan Penghulu untuk didafarkan agar mendapat bantuan.

“Dinas sosial merekap jumlah keseluruhan dari kecamatan,”tuturnya.

Sementara Kadis Perkim Zulfahmi ketika di hubungi melalui media perpesanan WhatApss tentang warga Sungai Sialang mengharapkan bantuan rumah layak huni, hingga berita ini diturunkan belum memberikan jawaban. (andy)